Menelusuri Keindahan Pantai Toroudan, Gunung Kidul, Yogyakarta

Setelah selesai mengunjungi Pantai Ngrenehan, kami diberi tahu warga sekitar bahwa ada satu pantai yang menarik lagi di sebelah timur Pantai Ngrenehan ini, namanya adalah Pantai Toroudan. Menurut warga di sana, pantai tersebut merupakan pantai baru yang akan dibangun dan dikembangkan, sehingga kondisinya masih sangat fresh dan masih alami. Mendengar apa yang dikatakan mereka, kami pun tertarik untuk mencoba mengunjungi Pantai Toroudan ini.
Pantai Toroudan
Sesampainya di sana, kami pun terkagum dan ternyata benar sekali, pantai ini benar-benar masih alami dan menarik untuk dikunjungi oleh mereka yang berjiwa petualang. Nah seperti apa keindahan Pantai Toroudan ini? Dan apan saja yang menarik di sana? yuk simak dulu ulasan Tim Setapak Pesona tentang keindahan Pantai Toroudan ini.

Sekilas tentang Pantai Toroudan

Pantai Toroudan adalah suatu pantai yang terletak di sebelah timur Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul. Pantai satu ini tergolong pantai yang masih baru dikembangkan sehingga kondisi alamnya masih alami. Untuk akses jalan menuju ke sana pun masih belum ada, sehingga kita harus melewati jalan setapak perkebunan warga untuk berkunjung ke Pantai Toroudan ini. Namun bagi kalian yang berjiwa petualang, hal tersebut tentu tidak jadi masalah, bahkan akan menjadi pengalaman yang menarik saat anda berkunjung ke sana.
Kondisi alam Pantai Toroudan
Melihat kondisi alam di Pantai Toroudan ini sekilas hampir mirip dengan Pantai Ngrenehan, karena pantai satu ini juga diapit oleh dua bukit karang dan memiliki lokasi yang tidak begitu luas. Namun yang membedakan bukit karang di Pantai Toroudan ini tidak terlalu menjorok jauh ke laut. Di bagian pantai juga terdapat lantai karang dengan air laut yang tidak terlalu dalam dan reruntuhan batu yang tersebar tidak beraturan sehingga membuat pemandangan Pantai Toroudan semakin menarik.

Akses jalan menuju Pantai Toroudan

Menurut warga sekitar, ada dua jalur yang bisa kita gunakan untuk berkunjung ke Pantai Toroudan, yaitu dari arah utara pantai dan dari Pantai Ngrenehan. Untuk yang dari arah utara kita bisa melewati jalan Pantai Ngrenehan dan lurus ke timur mengikuti jalan besar tersebut. Kemudian kita harus berjalan kaki menuju selatan melalui jalan setapak yang sering digunakan oleh warga saat menuju kebun mereka.
Jalan setapak di Pantai Toroudan
Sedangkan apabila menggunakan jalur dari Pantai Ngrenehan, kita bisa mengambil jalur dari gardu pandang sebelah timur Pantai Ngrenehan. Kemudian kita berjalan mengikuti jalan setapak perkebunan warga dan berjalan melewati bukit tersebut. Perjalanan yang ditempuh cukup jauh, namun sepanjang perjalanan akan tersaji pemandangan indah yang tentu membuat perjalanan anda terasa menyenangkan.

Apa saja yang menarik dari Pantai Toroudan ini?

Menurut pengalaman kami saat berkunjung ke Pantai Toroudan, salah satu yang menarik dari Pantai Toroudan ini adalah perjalanan menuju ke sana dan pemandangan pantainya yang masih alami. Karena pada saat itu kami dari Pantai Ngrenehan, kami pun memilih untuk memulai perjalanan ke Pantai Toroudan ini dari sana. Dari gardu pandang sebelah timur Pantai Ngrenehan kami berjalan ke atas bukit untuk menuju Pantai Toroudan. Sesampainya di atas bukit, kami disambut oleh perkebunan jagung warga yang terhampar luas. Dari bukit tersebut kita juga bisa melihat Pantai Ngrenehan dari atas.
Pemandangan bukit sepanjang perjalanan
Setelah puas menikmati pemandangan tersebut, kami pun melanjutkan perjalanan melewati jalan setapak perkebunan warga. Sepanjang perjalanan, kita bisa melihat aktivitas warga saat berkebun dan menyapa mereka satu per satu yang kami temui. Mereka sangat ramah, meskipun mereka tidak mengenal kami. Senyum sapa mereka yang begitu hangat walaupun harus berjuang di bawah terik matahari, hal itu membuat kami sadar bahwa “Tiada kata lelah untuk mencapai sebuah keinginan. Baik untuk mereka bertahan hidup maupun untuk kami yang ingin melihat suatu keindahan”.
Berjalan di tengah perkebunan warga
Setelah berjalan cukup jauh dan harus melawan panasnya terik matahari, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di gubuk tempat beristirahat para warga saat berkebun. Sambil melepas lelah kami berbincang dengan salah satu warga sambil bertanya tentang Pantai Toroudan ini. Bagi anda yang ingin kesana, ada baiknya hal tersebut juga dilakukan, terutama bagi anda yang bingung arah, anda bisa bertanya langsung kepada warga agar tidak tersesat. Selain itu, berinteraksi dengan para warga tentunya akan memberikan pengalaman menarik untuk anda.
Beristirahat sambil berbincang dengan salah satu petani
Setelah asik berbincang dengan warga, kamipun melanjutkan perjalanan kami. Sesampainya kami di Pantai Toroudan, kami disambut dengan pemandangannya yang membuat kami terpesona. Ternyata benar, kondisi pantainya masih sangat alami. Dengan dua bukit yang menjorok kelaut dan reruntuhan tebing yang menghiasinya.
Sesampainya di Pantai Toroudan
Selain itu didukung dengan pasir putihnya yang halus, dan air lautnya yang tenang diatas lantai karang tentu menjadikan keindahan tersendiri bagi Pantai Toroudan ini. Di sana kita juga bisa melihat aneka biota laut seperti terumbu karang, rumput laut, dan ikan-ikan kecil yang berenang di atasnya. Perjalanan panjang yang melelahkan pun terbayar dengan keindahan tersebut.
Keindahan Pantai Toroudan
Namun bagi anda yang ke sana, pastikan untuk berhati-hati. Karena Pantai Toroudan masih dalam pengembangan dan masih sepi, jadi pastikan untuk berhati-hati di bawah tebing atau reruntuhan tebing tersebut. Sekedar untuk keselamatan dan kenyamanan anda saat berkunjung ke sana. Selain itu pastikan juga untuk tidak pulang terlalu sore, karena lokasinya yang cukup terpencil dan harus menempuh perjalanan untuk pulang, sehingga gunakanlah waktu sebaik-baiknya.
Reruntuhan tebing
Bagaimana? Menarik bukan? Untuk lebih jelasnya seperti apa Pantai Toroudan, Gunung Kidul, ada baiknya kita saksikan video perjalanan kami satu ini.


Nah, tunggu apa lagi, yuk buktikan sendiri keindahan Pantai Toroudan ini dan ajak teman-teman kamu untuk berkunjung ke sana.

HAPPY VACATION GUY’S! BUDAYAKAN BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN YA!

Related Posts:

0 Response to "Menelusuri Keindahan Pantai Toroudan, Gunung Kidul, Yogyakarta"

Post a Comment