Keindahan Alam Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul, Yogyakarta

Walaupun terletak di daerah pegunungan, Gunung Kidul memiliki beberapa pantai yang indah dan menarik. Berbeda dengan pantai di daerah Yogyakarta lainnya, pantai-pantai di Gunung Kidul sangat identik dengan bukit-bukit yang mengelilinginya. Selain itu didukung dengan pasirnya yang berwarna putih, lautnya yang biru, dan kondisi alamnya yang masih alami, membuat pantai-pantai di sana terlihat menarik dan tak jarang membuat para wisatawan kagum saat datang ke sana. Salah satu di antara pantai-pantai tersebut adalah Pantai Ngrenehan.
Pantai Ngrenehan
Nah, seperti apakah Pantai Ngrenehan itu? Dan apa saja yang menarik di sana? yuk kita simak ulasan Tim Setapak Pesona berikut ini.

Sekilas tentang Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan adalah  salah satu objek wisata pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Walaupun lokasi pantainya tidak terlalu luas, namun Pantai Ngrenehan memiliki kondisi alam yang menarik, dengan dua bukit karang yang menjorok ke laut dan menghapitnya. Selain itu, pasir pantainya yang putih dan lautnya yang masih biru alami juga membuat Pantai Ngrenehan ini terlihat indah dan menarik.
Keindahan Alam Pantai Ngrenehan
Selain sebagai kawasan wisata, Pantai Ngrenehan ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat para nelayan, baik untuk menyandarkan perahu maupun untuk jual beli hasil tangkapan para nelayan saat pulang dari melaut. Sehingga bagi anda yang menginginkan ikan segar, anda juga bisa membelinya secara langsung dari para nelayan, tentunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.
Para Nelayan Setelah Pulang Melaut
Bagi anda yang ingin menikmati ikan laut yang siap saji, di Pantai Ngrenehan ini juga terdapat beberapa warung  makan yang menyediakan menu-menu seafood yang bervariasi. Sehingga kita bisa memilih sendiri mana yang kita suka.

Apa saja yang menarik di Pantai Ngrenehan?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, salah satu yang menarik dari Pantai Ngrenehan ini adalah pemandangan alam dan pantainya yang masih alami. Untuk mendapatkan view yang paling bagus, sangat disarankan untuk datang ke sana saat pagi hari ketika cuaca cerah. Di saat seperti itu, selain cuacanya yang tidak terlalu panas, kita bisa melihat pemandangan  alam yang menarik dipadukan dengan lagit yang biru tentu akan membuat anda terkagum melihatnya.
Pemandangan Pantai Ngrenehan
Pada pagi hari, kita juga bisa melihat aktivitas para nelayan saling membantu, baik saat hendak melaut maupun saat menepi. Selain itu, ketika para nelayan sudah pulang melaut, kita juga bisa melihat ramainya aktivitas masyarakat saat sedang jual beli ikan hasil tangkapan para nelayan. Hal ini tentu akan memberikan pengalaman yang menarik untuk anda saat berkunjung ke sana.
Aktivitas Para Nelayan di Pantai Ngrenehan
Di Pantai Ngrenehan ini, ada beberapa tempat yang disediakan untuk menikmati keindahan alamnya, salah satunya di gardu pandang yang terdapat di atas tebing bukit sebelah timur. Dari sana kita bisa menikmati pemandangan seluruh area Pantai Ngrenehan. Selain viewnya yang menarik, dari situ, kita juga bisa melihat perahu-perahu yang berbaris rapi, yang tentunya membuat pemandangan Pantai Ngrenehan semakin menarik.
Gardu Pandang di Pantai Ngrenehan
Untuk menuju ke sana, kita harus melewati gang kecil di sela-sela warung makan di sebelah timur, kemudian kita harus menaiki tangga untuk menuju gardu pandang. Gang kecil ini memang tidak terlihat seperti jalan biasa, sehingga banyak juga pengunjung yang tidak menyadari atau tidak tahu jalan menuju gardu pandang tersebut. Sehingga sangat disarankan bagi anda untuk bertanya langsung kepada masyarakat di sana.
Pemandangan dari Gardu Pandang
Gardu pandang di sebelah timur ini cukup menarik dan dibuat dengan tampilan yang cukup tradisional. Dengan menggunakan kayu sebagai bangunannya dan menggunakan pelepah sebagai atapnya. Karena berada di bagian atas, selain kita bisa melihat pemandangan yang indah, kita juga bisa merasakan udara yang sejuk dengan hembusan angin laut yang tidak terlalu kencang sehingga membuat kita semakin fresh.

Menuju Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan ini berada kurang lebih 30 km dari kota Wonosari (kabupaten gung kidul) atau 60 km dari kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, kita bisa melewati JJLS (Jalan Jalur Lintas selatan) Gunung Kidul, atau dari kota Wonosari. Akses jalannya cukup bagus, kita bisa menggunakan kendaraan wisata atau kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Untuk masuk ke Pantai Ngrenehan kita hanya perlu membayar biaya retribusi  kurang lebih Rp.5000,-/orang. Itupun sudah termasuk biaya untuk masuk objek wisata pantai lainnya seperti pantai ngobaran dan lain-lain.

Bagaimana? Menarik bukan?

Untuk lebih jelasnya tentang seperti apa Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul, ada baiknya kita lihat dulu video perjalanan kami satu ini.


Nah, tunggu apa lagi, yuk buktikan sendiri keindahan Pantai Ngrenehan ini dan ajak teman-teman kamu untuk berkunjung ke sana.

HAPPY VACATION GUY’S! BUDAYAKAN BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN YA!

Related Posts:

0 Response to "Keindahan Alam Pantai Ngrenehan, Gunung Kidul, Yogyakarta"

Post a Comment