Pesona Candi Ijo, Yogyakarta


Kali ini tim setapak pesona mengajak kalian untuk berkunjung ke candi yang letaknya tertinggi di Yogyakarta, namanya adalah candi ijo. Bagi yang belum tahu, candi ijo ini merupakan candi bercorak hindu yang terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Yogyakarta.

Komplek candi ijo ini terletak kira-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Atau 4 kilometer ke arah tenggara dari candi ratu boko. Salah satu yang menarik di sini, adalah lokasi candi ijo yang terletak di lereng bukit dengan ketinggian kira-kira 400 meter di atas permukaan laut. Sehingga banyak menyebutnya  sebagai candi yang letaknya paling tinggi di Yogyakarta.

Komplek candi ijo secara keseluruhan merupakan teras-teras yang berundak dengan bagian tertinggi di sisi timur dan bagian terendah di sisi barat. Pola teras berundak ini kemungkinan di buat karena menyesuaikan dengan kontur bukit yang ada di sana. Komplek candi ijo ini pada dasarnya masih dalam masa proses ekskavasi dan belum dipugar, karena masih banyak reruntuhan candi yang belum di temukan dan belum di bangun kembali.
Lantai Utama Candi Ijo
Namun di sana sudah ada beberapa candi yang sudah dibangun kembali, dan merupakan candi induk di komplek candi ijo ini. Lokasi candi induk tersebut berada di lantai utama yang terletak di bagian timur dan di tempat tertinggi. Candi – candi terdiri dari 1 candi besar yang menghadap ke barat, dan 3 candi yang ukurannya lebih kecil yang menghadap ke timur. Di setiap candi tersebut juga terdapat beberapa unsur artistic seperti ukiran, patung, serta arca yang tentunya memiliki makna khusus di dalamnya.
Candi Induk di Candi Ijo
Selain melihat bangunan candi yang kaya akan nilai sejarah dan seni, dari sana anda juga bisa melihat berbagai pemandangan yang sangat menakjubkan, terutama di sisi selatan dan barat. Di sisi selatan anda bisa melihat rangkaian bukit yang membujur ke selatan dan hijaunya pohon-pohon yang menghiasi bukit tersebut. Kemudian di sisi barat anda bisa melihat pemandangan kota jogja serta beberapa pegunungan di sisi barat dan pantai selatan. Selain itu apabila cuaca cerah anda juga bisa melihat sunset yang indah dari lokasi candi ijo ini.
Pemandangan dari Lokasi Candi Ijo
Untuk melihat seperti apa keindahan candi ijo, silahkan tonton video pendek kami di bawah ini.


Sekian dulu cerita perjalanan Tim setapak pesona kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang tempat-tempat menarik yang pernah kami kunjungi.

HAPPY VACATION AND BUDAYAKAN BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN!!!


Related Posts:

1 Response to "Pesona Candi Ijo, Yogyakarta"