Trip And Study Di Kawasan Mangrove Pantai Baros, Bantul - Yogyakarta


Hay gaess,kita masih di pesisir pantai Bantul nih. Kali ini Tim Setapak Pesona mengajak kalian untuk berwisata dan belajar tahu di Kawasan Mangrove, Pantai Baros nih. Bagi anda yang belum tahu, Kawasan Mangrove Pantai Baros ini berlokasi di daerah Baros, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Tempat ini sebenarnya bukan sepenuhnya merupakan kawasan wisata, melainkan kawasan konservasi mangrove. Sehingga masih dalam masa pengembangan menuju kawasan wisata. Walaupun begitu, para wisatawan juga diperbolehkan ke sana untuk belajar maupun sekedar menikmati pemandangan alam hutan mangrove yang ada di sana.
Kawasan Mangrove
Kawasan Mangrove ini terletak di sekitar muara Sungai Opak. Karena adanya ancaman abrasi dan juga kesadaran masyarakat akan hal tersebut, kemudian kawasan tersebut mulai ditanami tanaman mangrove sekaligus dijadikan kawasan konservasi alam oleh masyarakat desa setempat. Walaupun begitu, penanaman mangrove tersebut dilakukan secara berpola, sehingga bisa juga berpotensi untuk dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi, mengingat belum adanya kawasan wisata edukasi alam seperti ini di daerah Bantul.
Tanaman Mangrove
Lokasi Kawasan Mangrove ini juga tergolong sangat strategis, karena selain letaknya di sekitar muara Sungai Opak, kawasan ini juga terletak di kawasan Pantai Baros. Sehingga memungkinkan para pengunjung menikmati pemandangan indah yang ada di sana.
Sungai Opak
Saat anda berkunjung ke sana, pertama anda akan disuguhkan oleh pemandangan hutan mangrove yang disusun rapi menenyusuri pinggir sungai kecil yang ada di sana. Kemudian anda akan memasuki padang rumput yang luas sehingga anda bisa melihat berbagai pemandangan indah seperti perkebunan warga, Sungai Opak, dan pegunungan yang membentang ke selatan. Setelah berjalan ke selatan anda akan disuguhkan pemandangan Sungai Opak yang melintasi sepanjang bibir Pantai Baros.
Padang Rumput
Walaupun belum ada beberapa wahana yang disediakan di sana, namun pada pinggiran Sungai Opak tersebut anda bisa melihat perahu, dan menikmati suasana sunset secara natural. Anda bisa juga menyebrangi sungai tersebut dengan menggunakan sampan kecil yang terbuat dari bambu untuk menuju pantai.
Perahu di Sungai Opak, Baros
Jalan kecil yang memandu anda menelusuri Kawasan Mangrove dan Pantai Baros ini terlihat seperti layaknya sebuah petualangan kecil yang tentunya akan menambah pengalaman anda saat berkunjung ke sana.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang keindahan Kawasan Mangrove Pantai Baros, yuk lihat video pendek Tim Setapak Pesona berikut ini.


Nah, sekian cerita perjalanan Tim Setapak Pesona di Kawasan Mangrove Pantai Baros. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk liburan menarik anda.

HAPPY VACATION...AND BUDAYAKAN BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN !!!

Related Posts:

0 Response to "Trip And Study Di Kawasan Mangrove Pantai Baros, Bantul - Yogyakarta"

Post a Comment