Belajar Tentang Alam Di Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulon Progo, Yogyakarta

Berbicara tentang tempat wisata, tentu tidak hanya tentang pantai atau daerah pegunungan saja. Ada kalanya kita harus mencoba untuk mendatangi beberapa tempat wisata yang bernuansa edukatif untuk menambah pengetahuan sekaligus belajar tentang hal-hal baru yang bermanfaat untuk kehidupan.


Nah, pada edisi kali ini kami mau mengajak kalian untuk mengunjungi salah satu kawasan wisata edukasi di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Namanya adalah Hutan Mangrove Wana Tirta.

Seperti apakah Hutan Mangrove Wana Tirta ini? Dan apa saja yang menarik di sana? yuk kita simak ulasan tim setapak pesona berikut ini.

Sekilas tentang Hutan Mangrove Wana Tirta

Hutan Mangrove Wana Tirta merupakan salah satu kawasan konservasi alam untuk pelestarian hutan mangrove di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. Hutan mangrove satu ini terletak di daerah paling ujung barat daya Kulon Progo dan dekat dengan perbatasan antara Yogyakarta - jawa tengah, tepatnya di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo, Yogyakarta.
Pohon mangrove di Hutan Mangrove Wana Tirta
Di kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta ini terdapat beberapa jenis tanaman mangrove yang ditanam sesuai dengan jenisnya, ada yang ditanam di pinggir sungai dan ada juga yang ditanam di tempat yang berlumpur. Tanaman mangrove tersebut dikelola dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar yang bekerjasama dengan beberapa dinas dan sekolah-sekolah terkait sebagai objek study dan penelitian untuk penanggulangan akan bencana alam seperti abrasi air laut yang sering terjadi di daerah pesisir, terutama di daerah pantai selatan Yogyakarta.
Hutan Mangrove Wana Tirta
Selain dijadikan sebagai objek study dan penelitian, Hutan Mangrove Wana Tirta kini juga mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata edukasi. Hutan mangrove ini kemudian dikemas dengan penampilan yang menarik dan beberapa fasilitas yang memadai untuk para pengunjung. Diharapkan dengan dibukanya kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta ini untuk umum, dapat mengenalkan serta menambah pengetahuan para pengunjung akan pentingnya tanaman mangrove bagi alam dan lingkungan kita.

Apa saja yang menarik di Hutan Mangrove Wana Tirta ini?

Sebagai kawasan yang dikembangkan untuk wisata edukasi, kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta ini juga dikemas dengan menampilan yang menarik. Salah satunya dengan membagi dua kawasan yang mengusung tema berbeda dengan memanfaatkan lokasi dan jenis mangrove yang ada, yaitu dengan adanya “Jembatan Mangrove” di pinggir sungai dan “Goa Mangrove” yang berada di sebelah selatan sungai.
Pohon mangrove
Jembatan Mengrove tersebut berada di pinggir sungai yang melintasi kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta. Sepanjang pinggiran sungai yang ada di kawasan tersebut kemudian dimanfaatkan untuk penanaman tanaman mangrove jenis mangrove air. Untuk membuatnya agar terlihat menarik, kemudian di sepanjang tanaman mangrove pinggir sungai dibangun jembatan panjang yang terbuat dari bambu. Dengan adanya jembatan ini, pengunjung dapat berjalan-jalan mengintari pinggiran sungai serta menikmati pemandangan indah yang tersaji di antara sungai dan tanaman mangrove tersebut.
Jembatan mangrove di Hutan Mangrove Wana Tirta
Sedangkan untuk Goa Mangrove, terletak di sebelah selatan sungai. Goa mangrove ini dibuat dengan memanfaatkan jenis tanaman mangrove yang hidup di daerah berlumpur. Jenis tanaman mangrove satu ini bisa tumbuh tinggi dan rindang, sehingga saat kita berjalan di tengah pepohonan tersebut akan terasa memasuki sebuah terowongan di dalam goa, karena itulah pengelola di sana menamakannya goa mangrove.
Goa Mangrove di Hutan Mangrove Wana Tirta
Goa Mangrove di Hutan Mangrove Wana Tirta ini semakin unik dengan adanya gubuk – gubuk terbuat dari bambu yang dibangun di tengahnya. Gubuk-gubuk ini disediakan untuk tempat beristirahat para pengunjung atau untuk sekedar menikmati pemandangan. Pemandangan di dalam goa mangrove ini sangat  menarik, di sana kita bisa merasakan sensasi seperti berada di tengah hutan yang sesungguhnya.
Gubuk bambu di Goa Mangrove
Hutan Mangrove Wana Tirta ini tentu bisa memberikan pengalaman yang menarik untuk kalian. Selain bisa menikmati pemandangan yang berbeda, kita juga bisa belajar serta mengetahui apa itu tanaman mangrove, dan apa saja manfaatnya, terutama untuk menjaga alam kita tercinta ini.

Fasilitas di Hutan Mangrove Wana Tirta

Walaupun masih terbilang baru, namun untuk fasilitas umum di kawasan Hutan Mangrove Wana Tirta ini sudah cukup memadai, Di sana sudah disediakan beberapa fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, warung, tempat sampah, tempat berteduh dan beberapa fasilitas umum lainnya. Selain itu di sana juga disediakan beberapa fasilitas lain seperti persewaan speedboat dan perahu kano yang disediakan pengelola untuk menelusuri sungai mangrove. 
Perahu kano di Hutan Mangrove Wana Tirta
Untuk harga sewanya terbilang relative, sehingga anda bisa bernegosiasi langsung dengan pengelola di sana.

Menuju Hutan Mangrove Wana Tirta

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Hutan Mangrove Wana Tirta ini terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Untuk menuju ke sana ada 2 jalur yang bisa kita ambil, yaitu dari arah Kota Wates dan arah Kota Bantul, Yogyakarta. Dari Kota Wates, kita harus menuju selatan sampai Jalan Daendels. Kemudian lurus ke barat hingga melewati Jembatan Congot. Kurang lebih 1 km setelah jembatan akan ada petunjuk arah menuju Hutan Mangrove Wana Tirta. Kemudian kita ke selatan mengikuti jalur tersebut hingga sampai.
Peta menuju Hutan Mangrove Wana Tirta
Sedangkan yang dari arah Kota Bantul, kita bisa melewati Jalan Srandakan. Sesampainya di Jembatan Progo kita lurus dan mengambil jalan ke arah Pantai Glagah. Setelah itu kita ikuti jalur tersebut hingga sampai Jalan Daendels dan tinggal berjalan lurus seperti yang disebutkan di atas. Akses jalan menuju Hutan Mangrove Wana Tirta ini cukup mudah dan santai, sehingga untuk menuju ke sana kita bisa menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi.

Biaya masuk Hutan Mangrove Wana Tirta

Biaya masuk Hutan Mangrove Wana Tirta cukup murah, karena kita hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp.3000 saja. Sedangkan biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil pribadi. Cukup murah meriah bukan?


Bagaimana? Anda tertarik untuk ke sana?

Untuk lebih jelasnya, seperti apa “Hutan Mangrove Wana Tirta”, ada baiknya kita tonton video ulasan Tim Setapak Pesona satu ini.


Nah, tunggu apa lagi? Yuk ajak teman-teman kamu untuk berkunjung ke sana! dan buktikan sendiri keindahan Hutan Mangrove Wana Tirta ini.

HAPPY VACATION GUY’S! DAN BUDAYAKAN SELALU BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN YA!

Related Posts:

1 Response to "Belajar Tentang Alam Di Hutan Mangrove Wana Tirta, Kulon Progo, Yogyakarta"