Indahnya Perpaduan Alam dan Budaya di Pantai Ngobaran, Gunung Kidul, Yogyakarta

Tidak jauh dari Pantai Ngrenehan, ada satu pantai lagi yang cukup terkenal di Gunung Kidul, Namanya adalah Pantai Ngobaran


Nah, seperti apa keindahan Pantai Ngobaran ini? Dan apa saja yang menarik di sana? yuk kita simak ulasan Tim Setapak Pesona berikut ini.

Sekilas tentang Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Ngobaran ini tidak jauh dari Pantai Ngrenehan, tepatnya kurang lebih 2 km di sebelah barat Pantai Ngrenehan.
Pantai Ngobaran
Apabila dilihat dari kondisi alamnya, sebagian besar kawasan Pantai Ngobaran ini terletak di atas tebing yang cukup tinggi. Selain itu pantai satu ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit, sehingga dapat menambah keindahan dari Pantai Ngobaran ini. Di bagian bawah terdapat pantai dengan pasir putih dan bebatuan karang yang besar menghiasinya. Tidak hanya itu, di bibir pantai ini juga terdapat terumbu karang yang cukup luas, sehingga saat air laut surut kita bisa melihat dengan jelas indahnya terumbu karang tersebut dan aneka biota laut seperti, ikan-ikan kecil, kerang, rumput laut dan lain-lain.
Pura di Pantai Ngobaran
Selain menyajikan pemandangan alam yang indah, di Pantai Ngobaran ini juga terdapat beberapa bagunan yang menarik seperti Pura, candi, dan patung-patung arca yang menghiasi kawasan Pantai Ngobaran ini. Bangunan-bangunan tersebut tentunya tidak hanya sekedar hiasan semata, namun juga sering digunakan sebagai tempat ritual bagi masyarakat Hindu dan beberapa penganut kepercayaan tertentu. Walaupun begitu, di Pantai Ngobaran ini juga banyak terdapat masyarakat Muslim yang tinggal di sana.

Apa saja yang menarik dari Pantai Ngobaran ini?

Saat memasuki kawasan Pantai Ngobaran, kita akan disambut dengan bangunan Pura yang terletak di sebelah timur. Bentuk bangunan Pura ini hampir sama dengan bangunan-bangunan Pura yang ada di Bali. Sehingga tak jarang pengunjung menyebut Pantai Ngobaran ini sebagai “pantai Jogja dengan suasana Bali”.
Bangunan Pura di Pantai Ngobaran
Setelah puas melihat-lihat bangunan Pura, waktunya berjalan sedikit ke sebelah barat. Di sana terdapat suatu lokasi dengan berbagai macam patung menghiasinya. Patung-patung tersebut terdiri dari patung Dewa, tokoh Pewayangan, Prajurit, dan patung burung yang ukurannya cukup besar yang menghadap ke laut.
Arca di Pantai Ngobaran
Bentuk dan penataan patung-patung tersebut tentunya memiliki arti dan filosofi tersendiri, terutama bagi penganut kepercayaan tertentu yang sering mengadakan ritual di sana. Tidak hanya itu saja, di bagian bawah setiap patung tersebut juga terdapat beberapa kata “pepatah jawa” yang tentunya bisa menambah pengetahuan kalian.
Lokasi patung/arca di Pantai Ngobaran
Pergi ke pantai tentu kurang lengkap tanpa menyentuh air lautnya. Karena sebagian besar kawasan Pantai Ngobaran ini terletak di atas tebing yang cukup tinggi, maka kita harus berjalan ke bawah untuk menuju lokasi pantai tersebut, dengan melewati jalan bertangga yang berada di sebelah barat lokasi patung. Sesampainya di bawah, kita akan disambut oleh batu-batu besar dan tebing tinggi yang menghiasi lokasi pantai.
Lokasi Pantai
Air laut di Pantai Ngobaran ini masih sangat alami dan berwarna biru bening, sehingga kita juga bisa melihat karang-karang di bawah laut pinggir pantai. Saat air laut sedang surut, kita juga bisa melihat aneka biota laut seperti terumbu karang, rumput laut, ikan-ikan kecil, kerang, landak laut, dan lain-lain.
Melihat Pantai Ngobaran dari atas bukit
Salah satu spot yang paling menarik untuk menikmati pemandangan Pantai Ngobaran ini adalah di atas bukit yang terletak di selah barat. Disana kita bisa melihat Pantai Ngobaran dari atas, dan melihat Pantai Ngobaran secara luas, lengkap dengan bukit-bukit di sekitarnya.

Kuliner di Pantai Ngobaran

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Ngobaran, waktunya menikmati aneka kuliner yang ada di sana. Di Pantai Ngobaran ini banyak juga terdapat warung makan yang menyediakan aneka menu, terutama seafood yang menjadi andalannya. Harganya pun bervariasi, sehingga menyesuaikan dengan menu yang anda inginkan.

Fasilitas Pantai Ngobaran

Untuk fasilitas yang ada di Pantai Ngobaran ini sudah cukup memadai, seperti kamar mandi, tempat parkir, warung makan, dan bahkan ada juga jasa foto yang disediakan oleh masyarakat sekitar. Namun khusus untuk penginapan masih belum ada, sehingga kita harus mencari penginapan terdekat atau berkunjung ke sana pada pagi hari.

Akses menuju Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran ini berada kurang lebih 30 km dari kota Wonosari (Kabupaten Gunung Kidul) atau 60 km dari kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, kita bisa melewati JJLS (Jalan Jalur Lintas selatan) Gunung Kidul, atau dari kota Wonosari. Akses jalannya cukup bagus, kita bisa menggunakan kendaraan wisata atau kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Untuk masuk ke Pantai Ngobaran kita hanya perlu membayar biaya retribusi  kurang lebih Rp.5000,-/orang. Itupun sudah termasuk biaya untuk masuk objek wisata pantai lainnya seperti Pantai Ngrenehan, Pantai Nguyahan dan Patai Torohudan.

Bagaimana? Menarik bukan? Untuk lebih jelasnya seperti apa Pantai Ngobaran, ada baiknya kita saksikan video kami satu ini.


Nah, tunggu apa lagi, yuk buktikan sendiri keindahan Pantai Ngobaran ini dan ajak teman-teman kamu untuk berkunjung ke sana.

HAPPY VACATION GUY’S! BUDAYAKAN BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN YA!

Related Posts:

0 Response to "Indahnya Perpaduan Alam dan Budaya di Pantai Ngobaran, Gunung Kidul, Yogyakarta"

Post a Comment