Berpetualang ke Puncak Bukit Kosakora, Gunung Kidul, Yogyakarta

Melihat dari atas bukit merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati pemandangan indah. Dengan begitu kita bisa melihat pemandangan yang lebih luas, serta pemandangan yang tidak biasa kita saksikan. Nah, di episode kali ini, kami mau mengajak kalian untuk menikmati pemandangan indah dari salah satu bukit tertinggi yang letaknya tidak jauh dari Pantai Drini, Gunung Kidul, Yogyakarta. Namanya adalah Bukit Kosakora.


Seperti apakah keindahan Bukit Kosakora ini? Dan apa saja yang menarik di sana? yuk kita simak ulasan Tim Setapak Pesona berikut ini.

Sekilas tentang Bukit Kosakora

Bukit Kosakora merupakan salah satu bukit tertinggi di antara bukit-bukit yang berada di sepanjang kawasan pantai mulai dari Pantai baron hingga Pantai Sundak, Gunung Kidul, Yogyakarta. Bukit satu  ini tepatnya terletak di sebelah Pantai Ngrumput, atau di sebelah timur Pantai Drini. Lokasi wisata Bukit Kosakora ini masih terbilang baru, sehingga akses jalannya cukup sulit dan kita harus berjalan kaki untuk menuju ke sana.
Puncak Bukit Kosakora
Tempat ini sangat cocok untuk mereka yang berjiwa petualang, medannya yang menantang dan alamnya yang masih alami tentu akan menjadi pengalaman tersendiri bagi anda. Pemandangan dari atas Bukit Kosakora ini juga sangat menarik, dari sana kita bisa melihat samudera yang luas serta bukit-bukit di sepanjang pesisir Pantai Gunung Kidul.

Perjalanan menuju Bukit Kosakora

Ada 2 jalur yang bisa kita pilih untuk menuju Bukit Kosakora ini, yaitu dari utara dan dari Pantai Drini. Untuk yang dari utara, setelah kita melewati jalan kawasan pantai kita akan menemukan papan nama “Puncak Bukit Kosakora”. Dari situ kita parkirkan kendaraan kita dan memulai berjalan kaki menuju Bukit Kosakora melewati jalur jalan setapak yang ada di sana.
Jalan Setapak Menuju Bukit Kosakora
Sedangkan yang dari Pantai Drini, kita bisa menaiki bukit sebelah timur pantai dan berjalan melewati jalan setapak yang ada di sana. Untuk jalur yang dari Pantai Drini cukup jauh dan harus melewati bukit-bukit yang ada di sana. Selain itu kita juga akan melewati Pantai Watu Bolong dan Pantai Ngrumput. Walaupun perjalanan yang diambil cukup jauh, pemandangan indah di sepanjang jalan yang kita lewati tentu lebih banyak dan lebih menarik.

Hal menarik yang bisa kita temui di Bukit Kosakora

Menurut pengalaman kami saat berpetualang ke Bukit Kosakora, ada banyak hal menarik yang bisa kami temukan. Karena pada saat itu kami dari Pantai Drini, maka kami memutuskan untuk memulai perjalanan dari sana. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya untuk jalur dari Pantai Drini ini, kita bisa memulai dari bukit sebelah timur Pantai Drini. Disana ada sebuah penunjuk arah untuk menuju ke Bukit Kosakora.
Petunjuk Arah Menuju Bukit Kosakora
Saat perjalanan di atas bukit tersebut, kami melewati jalan setapak dengan pohon-pohon yang masih alami. Walaupun masih sangat alami, namun tumbuhan dan pohon-pohon di sana tidak seperti di hutan, sehingga tidak terlalu berbahaya. Selain itu, jalan setapak yang dibuat oleh warga sekitar sudah cukup baik dengan dibentuk seperti tangga di setiap tanjakan sehingga memudahkan kita untuk mendaki bukit tersebut.
Perjalanan di Bukit Pertama
Sesampainya di puncak bukit pertama ini, kita bisa melihat pemandangan Pantai Drini dari atas dan pantai-pantai lainnya di sebelah barat. Sambil beristirahat melepas lelah sejenak, moment menikmati pemandangan ini tentu jangan sampai terlewatkan. Tapi pastikan jangan terlalu lama, karena akan membuang waktu dan perjalanan pun masih panjang.
Pemandangan Pantai Drini dari atas Bukit Pertama
Setelah cukup menikmati pemandangan, kami lanjutkan perjalanan dengan menuruni bukit tersebut. Nah, perjalanan menuruni bukit ini cukup menantang, karena walaupun jalannya sudah cukup baik namun jalan bukit yang curam ini membuat kami harus berhati-hati. Setelah sampai di bawah, kami disambut oleh padang rumput yang luas dengan bukit-bukit yang mengelilinginya. 
Padang rumput di dekat Pantai Watu Bolong
Terlihat juga ada beberapa warga sekitar yang sedang beraktivitas seperti menggembala kambing atau mencari rumput. Seperti biasa, kami menyapa mereka sambil bertanya arah ke Bukit Kosakora. Dengan ramahnya mereka menjawab serta menjelaskan jalan menuju ke sana, ternyata masih satu bukit lagi yang harus kami lewati. 
Aktivitas warga saat mencari rumput untuk ternak
Untuk bukit yang kedua ini tidak terlalu tinggi, dan medannya pun tidak sesulit bukit pertama. Sebelum menaiki bukit tersebut kita juga bisa melihat Pantai Watu Bolong dengan bebatuan karang yang menghiasinya.
Melewati Pantai Watu Bolong
Perjalanan pun kami lanjutkan dengan melewati bukit ke dua. Dalam perjalanan tersebut kami melihat perkebunan milik warga dan bertemu dengan warga yang sedang berkebun. Setelah sampai di bawah, ada sebuah petunjuk arah untuk menuju Pantai Ngrumput dan Bukit Kosakora
Petunjuk arah menuju Pantai Ngrumput dan Bukit Kosakora
Walau masih ada bukit lagi, namun kita hanya perlu melewati jalan di pinggir bukit tersebut sehingga cukup menghemat tenaga untuk mendaki Bukit Kosakora. Setelah beberapa menit perjalanan, maka Bukit Kosakora dan Pantai Ngrumput pun sudah mulai terlihat dan hanya butuh waktu beberapa menit untuk sampai ke sana.
Bukit Kosakora dan Pantai Ngrumput dari kejauhan
Sesampainya di Pantai Ngrumput, kami memutuskan untuk beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan pantai tersebut. Kondisi alam di Pantai Ngrumput ini juga masih sangat alami dengan pasir putih, ombaknya yang tenang, dan dua tebing yang menghapitnya.
Tebing di Pantai Ngrumput
 Di Pantai Ngrumput ini juga terdapat beberapa bangunan rumah warga yang menyediakan warung makan serta jasa seperti penyewaan peralatan kemping, charge hp, dan lain-lain.
Deburan ombak yang indah
Setelah tenaga terisi kembali, waktunya untuk menaiki Bukit Kosakora. Tapi sebelum naik, kita harus membayar biaya retribusi terlebih dahulu. Cukup murah kok, hanya Rp. 2.000,- saja. Setelah membayar, kita sudah bisa naik ke atas bukit melewati tangga yang sudah disediakan. 
Menuju Puncak Bukit Kosakora
Medan jalan  menaiki Bukit Kosakora ini cukup menantang dan menanjak, sehingga harus berhati-hati. Namun tidak perlu kawatir, karena di sepanjang jalan naik tersebut dipagari dengan bambu, sehingga bisa kita gunakan untuk berpegangan saat naik.
Jalan menuju Puncak Bukit Kosakora 
Di sepanjang perjalanan naik ini, kita sudah bisa melihat pemandangan yang menarik, sehingga bisa mengurangi rasa lelah kita. 
Pemandangan saat menuju Puncak Bukit Kosakora
Selain itu kita juga bisa melihat aneka tumbuhan unik yang jarang sekali kita temukan di tempat lain. Sehingga bisa menambah pengetahuan kita akan hal-hal yang baru.
Tumbuhan di Bukit Kosakora
Sesampainya di Puncak Bukit Kosakora, kita langsung disambut dengan padang rumput yang luas dengan pemandangan indah yang menakjubkan. Pada saat itu, juga terdapat beberapa bendera Indonesia yang berkibar dan dipasang di beberapa titik. Layaknya sebuah penyambutan kemenangan oleh alam untuk kami.
Puncak Bukit Kosakora
Dan yang tidak kalah menakjubkan, pemandangan di puncak kosakora ini begitu luar biasa. Kita bisa melihat bukit-bukit yang menghiasi pesisir pantai dan samudera biru yang luas. 
Pemandangan dari arah timur Puncak Bukit Kosakora
tidak hanya itu, dari sana kita juga bisa melihat beberapa pantai yang bersembunyi di balik bukit-bukit tersebut.
Pemandangan dari arah barat Puncak Bukit Kosakora
Sebuah pengalaman yang menarik tentunya bisa datang ke Puncak Bukit Kosakora ini. Bagaimana? Menarik bukan?

Tips berpetualang di Bukit Kosakora

Bagi anda yang ini mengunjungi Bukit Kosakora ini, ada beberapa tips yang bisa kami sarankan agar petualangan anda menyenangkan.
  • Pertama, pastikan anda dalam kondisi yang fit dan punya tenaga yang cukup. Mengingat perjalanan panjang yang harus kita lewati untuk menuju ke sana.
  • Siapkan perlengkapan seperti sandal/sepatu gunung, penutup kepala, dan isi tas yang anda perlukan.
  • Pastikan anda berkunjung pada saat cuaca cerah, karena jalan setapak yang kita lewati masih berupa tanah sehingga apabila saat hujan akan terasa licin.
  • Jangan malu untuk berinteraksi dan bertanya kepada warga sekitar. Karena kurangnya penunjuk arah, sehingga bertanya adalah pilihan yang tepat agar tidak tersesat. Selain itu berinteraksi dengan warga tentu bisa menambah pengetahuan dan menjadi pengalaman yang menyenangkan untuk kita.
  • Luangkan waktu sejenak untuk beristirahat dan menikmati pemandangan yang ada di sana.
  • Tidak lupa berdoa sebelum memulai perjalanan. Karena kita tidak tau apa yang akan terjadi sehingga berdoalah dan berhati-hati sepanjang perjalanan.
  • Jangan pernah melakukan hal-hal yang dapat merusak, apapun itu “Budayakan selalu berwisata ramah lingkungan!”
  • Nikmati setiap perjalanan anda, dan pelajari setiap makna yang bisa kita dapatkan.

Untuk lebih jelasnya tentang seperti apa Bukit Kosakora, ada baiknya kita lihat dulu video perjalanan kami satu ini.
Nah, tunggu apa lagi, yuk buktikan sendiri keindahan “Bukit Kosakora” ini dan ajak teman-teman kamu untuk berkunjung ke sana.

HAPPY VACATION GUY’S! BUDAYAKAN BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN YA!

Related Posts:

4 Responses to "Berpetualang ke Puncak Bukit Kosakora, Gunung Kidul, Yogyakarta"

  1. cantik banget pemandangannya, pengenlah maen kesana k...
    Rental Mobil

    ReplyDelete
  2. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete
  3. Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

    Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

    Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain, tenang,,sekarang ada 288betting.com yang akan menghibur kalian sekaligus mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan mengecewakan kalian deh...dan tentu nya juga masih banyak lagi bonus tiap bulan nya buruannn,,,,yuk ikutan gabung bersama 288betting.com

    Tersedia berbagai game di dalamnya :
    * Sportsbook
    * Kasino
    * Togel
    * Poker
    * Number Games
    * Slots

    Kunjungi Situs Kami !!
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup
    dengan minimal deposit hanya Rp. 20.000 dan minimal withdraw Rp. 50.000

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * Livechat
    * Whatsapp : +855888278896
    * Facebook : Stefanie Huang

    Salam Sukses 288betting.com

    SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA DAN TERLENGKAP DENGAN PELAYANAN CS YANG RAMAH

    ReplyDelete