Pesona Keindahan Alam Air Terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo, Yogyakarta

Tidak hanya di Jawa Tengah, Air Terjun Grojogan Sewu juga ada di Yogyakarta. Letaknya di daerah Kabupaten Kulon Progo. Walaupun memiliki nama yang sama, namun Air Terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini memiliki bentuk dan pemandangan sangat berbeda.


Nah seperti apakah Air Terjun Grojogan Sewu ini? Dan apa saja kah yang menarik di sana? yuk kita simak ulasan tim setapak pesona satu ini.

Sekilas tentang Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tepatnya di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun satu ini termasuk salah satu tempat wisata yang masih baru, namun sudah mulai banyak dikunjungi dan mulai dikenal oleh masyarakat baik dari dalam maupun dari luar daerah.
Air Terjun Grojogan Sewu
Nama air terjun satu ini memang sama dengan nama salah satu Air Terjun Grojogan Sewu yang ada di Jawa Tengah. Namun Air Terjun Grojogan Sewu versi Kulon Progo ini sangat berbeda dan memiliki ciri khasnya sendiri. Salah satu yang membedakan, adalah dari segi bentuknya. Air Terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo ini tidak setinggi yang ada di Jawa Tengah. Namun banyaknya bebatuan yang membentuk tangga di sepanjang sungai membuatnya seakan terlihat seperti grojogan atau air terjun kecil dengan jumlah yang banyak. 
Batu-batuan di Air Terjun Grojogan Sewu
Karena itulah air terjun ini disebut dengan Air Terjun Grojogan Sewu atau “air terjun grojogan seribu”.

Apa saja yang menarik dari Air Terjun Grojogan Sewu?

Salah satu yang paling menarik dari Air Terjun Grojogan Sewu ini adalah banyaknya air terjun kecil yang terbentuk oleh arus sungai dan bebatuan yang ada di sana. Apabila dilihat dari dataran terbawah, sungai tersebut akan terlihat seperti tangga yang dialiri oleh air.
Pemandangan Air Terjun Grojogan Sewu
Walaupun terdapat beberapa air terjun kecil, di sana juga terdapat satu air terjun utama, dengan ketinggian yang cukup tinggi. Di bawahnya tedapat genangan air yang membentuk seperti kolam.  Genangan air inilah yang kemudian akan mengalirkan air ke sungai dan membentuk air terjun kecil lainnya.
Air terjun utama
Di pinggir air terjun utama tersebut terdapat batu-batu yang cukup besar. Dari sana kita bisa melihat keindahan air terjun utama lebih dekat. Bagi anda yang suka berfoto, anda juga bisa berfoto di atas batu-batu tersebut. Pemandangan di sana sangat menarik, dengan adanya pepohonan dan bebatuan di sekitar air terjun tentu membuat hasil foto anda semakin bagus. Namun, pastikan selalu berhati-hati, karena bebatuan yang licin dapat membuat anda terjatuh.
foto di air terjun utama Grojogan Sewu
Setelah berfoto dan menikmati keindahan air terjun utama, kurang lengkap rasanya tanpa menelusuri keindahan sungai di Air Terjun Grojogan Sewu ini. Untuk menelusuri sungai tersebut, kita bisa melewati jalan setapak yang ada di pinggir sungai. Di sepanjang sungai, kita bisa melihat banyaknya air terjun kecil dengan bebatuan yang tidak tersusun rapi menghiasinya.
Jalan di pinggir sungai
Selain menikmati pemandangan, kita juga bisa menikmati sejuknya air di sungai grojogan sewu ini. Walaupun arus sungainya cukup deras namun ada juga beberapa bagian yang berarus tenang. Di situ lah kita bisa menikmati sejuknya air sungai dengan membasuh muka atau bagian badan lainnya. Air di sungai tersebut sangat jernih dan menyejukan, sehingga bisa membuat kita semakin fresh.
Arus tenang di sungai
Di sekitar Air Terjun Grojogan Sewu ini juga terdapat beberapa gazebo yang disediakan untuk kita bersitirahat. Bangunan gazebo tersebut cukup unik, karena terbuat dari bambu pada bagian bangunan dan pelepah kelapa sebagai atapnya, sehingga terkesan sangat alami dan menyatu dengan konsep alamnya.  
Gazebo di Air Terjun Grojogan Sewu

Fasilitas di Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk fasilitas umum di kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu ini sudah cukup memadai. Di sana sudah disediakan beberapa fasilitas seperti tempat parkir, kamar mandi, tempat istirahat (gazebo), warung makan dan taman bermain. Di kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu juga ada sebuah taman yang cukup luas di bagian atas. Di taman tersebut terdapat beberapa tanaman seperti bunga, pohon-pohon, dan tanaman lainnya dari berbagai jenis.
Taman di Air Terjun Grojogan Sewu
Bagi anda yang datang bersama keluarga, di sana juga tedapat beberapa gazebo dan tempat bermain anak-anak. Sehingga untuk menikmati pemandangan, Air Terjun Grojogan Sewu ini juga bisa digunakan untuk memperkenalkan atau mengajarkan kepada anak-anak tentang ilmu alam.

Akses menuju Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk menuju kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu dari kota Yogyakarta, kita bisa melewati Jalan Godean, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo. Akses jalan menuju ke sana sudah cukup baik dan bisa dilalui kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. 
Perjalanan menuju Air Terjun Grojogan Sewu
Namun saat perjalanan ke Girimulyo anda akan menemui jalan yang berliku-liku dan menanjak, karena di sana merupakan daerah pegunungan.

Biaya masuk wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Untuk biaya masuk ke kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu ini cukup murah meriah. Anda hanya akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 3.000,- / orang, itupun sudah termasuk biaya parkir. Dengan biaya semurah itu anda sudah bisa menikmati keindahan Air Terjun Grojogan Sewu sepuasnya.

Gimana? Menarik bukan?

Untuk lebih lengkapnya, seperti apa “Pesona Keindahan Alam Air Terjun Grojogan Sewu”, ada baiknya kita tonton video perjalanan Tim Setapak Pesona satu ini.


Nah, tunggu apa lagi? Yuk ajak teman-teman kamu untuk berkunjung ke sana! dan buktikan sendiri keindahan Air Terjun Grojogan Sewu ini.

HAPPY VACATION GUY’S! DAN BUDAYAKAN SELALU BERWISATA RAMAH LINGKUNGAN YA!

Related Posts:

1 Response to "Pesona Keindahan Alam Air Terjun Grojogan Sewu di Kulon Progo, Yogyakarta"